CLICK HERE FOR BLOGGER TEMPLATES AND MYSPACE LAYOUTS »

Juli 05, 2009

Fadhilah Surah Yasin dan Tahlil

Diturunkan di makkah; 83 ayat

Membaca Surah Yasin dan Tahlil adalah dua amalan mustajab yang manfaatnya luar biasa besar bagi kehidupan kita di dunia dan akhirat maupun bagi orang-orang terkasih yang telah berpulang ke rahmatullah.

Diriwayatkan dari imam ja'far ash shadiq, beliau berkata.
"Sesungguhnya setiap sesuatu mempunyai kalbu, dan kalbt Alquran adalah Surah Yasin.
Barang siapa yang membacanya sebelum tidur atau pada siang hari sebelum bepergian, maka siang itu dia termasuk dalam orang-orang yang dijaga dan diberi rezeki hingga sore hari.
Dan barang siapa yang membacanya pada malam hari sebelum tidur, Allah akan mewakilkan (mengutus) seribu malaikat yang menjaganya dari keburukan setiap setan yang terkutuk dan dari segala bencana.
Jika dia mati pada hari itu, niscaya Allah memasukkannya ke surga dan 30.000 makaikat hadir untuk memandikannya dan masing-masing dari mereka memohonkan ampuman untuknya dan mengiringinya menuju kuburanya dengan permohonan ampunan untuknya.
Ketika dia masuk ke dalam liang lahadnya, di dalam kuburnya mereka menyembah Allah dan pahala ibadah mereka ditujukan untuknya.
Diluaskannya kuburannya seluas pandangannya.
Diamankan dari himpitan kubur.
Dan turun cahaya dalam kuburannya yang menerangi hingga cakrawala langit hingga dia dikeluarkan oleh Allah dari kuburnya.
Ketika dia dikeluarkan dari kuburannya, malaikat-malaikat Allah mengiringinya serta memberitahukannya, dan wajahnya tampak tawa, serta dikabarkan kepadanya dengan segala kebaikan hingga dia diizinkan menuju Shirath dan Mizan dan mereka berhenti di hadapan Allah tanpa rasa khawatir, tidak pula rasa sedih bersamanya, serta tidak pula kegelisahan bersamanya.
Kemudian Tuhan Yang Mahatinggi berfirman kepadanya mintalah syafaat hamba-Ku, Aku akan berikan syafaat kepada seluruh yang engkau minta syafaat; mintalah kepada-Ku Aku berikan kepadamu wahai hamba-Ku seluruh apa yang kau minta, engkau meminta dan Aku memberikannya serta mensyarati. Tidaklah terhitung dari apa-apa yang terhitung.
Tidaklah berhenti bersama yang dihentikan, tidaklah dihinakan bersama kejelekan amalanya yang lain.
Diberikan kepadanya kitab yang tersebar hingga turun dari sisg Allah.
Kemudian manusia-manusia berkata bersama-sama: Mahasuci Allah yang telah membebaskan satu kesakahan dari hamba ini dan menggabungkannya dalam barisan Nabi Muhanad saw."

Diriwayatkan dari Imam Muhammad ak Bagir, beliau berkata, "Barang siapa yang membacanya sekali dalam seumur hidupnya, Allah tuliskan baginya dengan segala ciptaan didunia dan diakhirat serta di langit dengan beribu-ribu kebaikan."

Diriwayatkan pula dari Rasulullah saw., "Apa yang kalian sedekahkan untuk orang mati, niscaya diambil oleh malaikat kemudian diletakkan di tempat yang terbuat dari cahaya yang menyinari tujuh langit.
Kemudian malaikat tersebut berdiri diatas pusara saling berkata, 'Sakam sejahtera atas kalian wahai para penghuni kubui.
Keluarga kalian telah mengirimkan hadiah untuk kalian.' Lalu malaikat itu mengirimkan hadiah tersebut ke dalam kubur si mayat."

Surah Yasin dan Tahlil adalah salah satu kunci kebahagiaan hidup manusia di dunia serta kelancaran jalan menuju surga di akhirat.
Dua amalan ini begitu kaya manfaat, khasiat, dan fadhilahnya.

Selamat mendapat keberkahan tak terkira dengan mengamalkannya.

0 comentar: